PLBN memperkuat Halaman Depan NKRI

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang menjadi halaman depan NKRI ditata kembali oleh Pemerintah Indonesia menunjukkan keseriusan Pemerintah untuk menjaga NKRI dari segala bentuk ancaman dan gangguan akibat lemahnya kondisi manajemen PLBN. Dengan ditata kembali PLBN, masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal diperbatasan memiliki kebanggaan bahwa Indonesia menjadi semakin “Kuat”.

Pembangunan PLBN juga memperjelas batas wilayah NKRI, dan penempatan batas wilayah pada seluruh titik juga perlu diperkuat dan diperjelas, hal ini untuk menghindari hilangnya tanda batas wilayah NKRI yang akan menguntungkan negara lain karena adanya penambahan luas wilayah.

Peningkatan kualitas PLBN sangat penting karena Indonesia memiliki perbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Papua New Guinea, Timor Leste dan lainnya. Sembilan PLBN tersebut antara lain PLBN Motaain, Motamasin, Oepoli dan Wini di Nusa Tenggara Timur (NTT), Aruk , Nanga Badau dan Entikong di Kalimantan Barat, kemudian Skouw dan Waris di Papua. Oleh karenanya pembangunan PLBN perlu didukung dengan pembangunan di seluruh  bidang seperti perekonomian, pendidikan dan juga penguatan dari sisi pertahanan dan keamanan.

Terkait dengan hal tersebut, Program PROMOTER Kapolri sangat relevan dalam mendukung pembangunan PLBN, sebagai contoh adanya program pembangunan Program dan Partisipasi Masyarakat terhadap Kamtibmas, perlu diimplementasikan salah satunya dengan Membangun daya cegah, daya tangkal terhadap kejahatan, terorisme , narkoba, separatisme dan ideologi anti Pancasila. Program ini mendorong masyarakat agar “Kuat” dalam berpartisipasi membela NKRI.

 

Related posts:

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInAmazon Wish ListBlogger PostLineShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *