Backpacker Murah

Backpacker istilah yang tepat untuk bepergian dengan budget yang minim tetapi tetap menyenangkan, ada nilai edukasi, dan juga menyehatkan. Beberapa hal yang perlu disiapkan apabila akan melakukan perjalanan bersama keluarga /kerabat melalui metode Backpacker adalah sebagai berikut :

  1. Scan & Save dokumen Penting

Scan dokumen penting khususnya jika ingin melakukan backpacker ke luar negeri dan simpan di dalam inbox mail anda. Jadi jika terjadi kehilangan dokumen (passport, tiket, asuransi perjalanan, dan lain sebagainya) anda dapat mengurus kembali dengan menunjukan hasil scan dokumen kepada pihak yang berwenang.

2. Bawa perlengkapan seperlunya.

Tidak perlu membawa peralatan yang menyusahkan ketika melakukan Backpacker yang identik dengan perjalanan murah, karena Backpacker selalu menggunakan sarana umum seperti bis, MRT, tuk-tuk, monorail, becak, angkot dan lain sebagainya yang menuntut anda untuk tidak terlalu banyak membawa barang dalam tas. Bawalah 1 tas besar yang isinya untuk kebutuhan pribadi dan hanya disimpan di kamar hotel. Ketika anda melakukan perjalanan cukup bawa tas kecil untuk mendukung aktifitas backpacker seperti  membawa minuman ringan, P3K, dan dokumen perjalanan.

3. Tandailah Titik Pertemuan (Center Point)

Ketika anda sedang backpacker ke luar negeri, untuk menghindari kehilangan anggota keluarga karena adanya perbedaan minat baik shopping atau sekedar melihat-lihat, tandailah tempat untuk titik pertemuan dengan membuat kesepakatan tempat pertemuan apabila hendak terpisah misalnya di toko sepatu, atau di depan tiang listrik atau lain sebagainya. Hal ini sangat efektif dilakukan ketika terdapat anggota kelompok yang terpisah dari kelompoknya karena sedang menikmati sesuatu yang menarik dalam suatu area (misalnya china town), dan tidak akan kehilangan anggota kelompoknya karena sudah menentukan center point apabila terpisah dari kelompoknya.

4. Carilah informasi Tujuan Wisata yang Murah

Sebelum melakukan Backpacker khususnya ke luar negeri, sebaiknya pelajari dahulu tujuan wisata murah sebagai objek wisata menarik agar anda dapat menganggarkan dengan tepat untuk mendukung perjalanan wisata yang efektif dan efisien.

5. Carilah informasi tentang Masyarakat yang Mendukung Backpacker

Seperti yang dilakukan Ajeng Ria Aprilina, yang membuka lebar-lebar pintu rumahnya bagi para pelancong berkantong tipis. Kediaman Mbak Ajeng  yang berada di pinggir Jalan Raya Malang-Batu di Desa Ngijo, Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang diberi nama Omah Backpacker, dijadikan tempat menginap bagi para pelancong baik wisatawan domestik maupun mancanegara. (Kompas 24 Juni 2016).

6. Jika Perjalanan Menuju Puncak Gunung

Siapkan fisik yang prima, perbekalan yang cukup, ikuti track yang telah ada, bawa kompas, dan jangan lupa sleeping bag.

 

Related posts:

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInAmazon Wish ListBlogger PostLineShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *