Tips Hindari Pegal saat Menyetir Selama Mudik

MUDIK bersama keluarga dengan mengendarai kendaraan sendiri menjadi kenikmatan tersendiri bagi sebagian masyarakat. Namun, jangan sampai semangat berhari raya di kampung halaman diwarnai sakit pinggang atau masalah otot dan sendi lainnya.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, Arif Soemarjono, memaparkan beberapa tips yang bisa dipraktekkan saat berkendara berjam-jam ke kampung halaman. Aspek yang harus diperhatikan adalah kenyamanan, postur, dan istirahat.

“Bagi pengendara mobil, siapkan bantal untuk mengganjal pinggang. Kenakan juga headrest dan tarik dari leher agar bantalannya pas di kepala,” tutur dokter dari dari Klinik Flex Free, saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Berikutnya, Arif mengingatkan agar supir mengatur posisi saat menyetir. Posisi badan saat menyetir dijaga agar tidak terlalu jauh jaraknya dengan alat kemudi. Hindari menyetir untuk waktu yang lama dengan mengenakan sepatu ketat. Sebaiknya pakai sandal untuk menghindari pegal akibat darah tersumbat.

“Untuk pengendara motor, pakailah korset supaya pinggang tidak sakit karena menyetir terlalu lama. Baik pengendara motor maupun mobil, usahakan istirahat setiap 40 kilometer. Selama istirahat, jangan lupa untuk lakukan peregangan badan bebas,” tutupnya.

(ren)

sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2015/07/14/481/1182018/tips-hindari-pegal-saat-menyetir-selama-mudik

Related posts:

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInAmazon Wish ListBlogger PostLineShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *