Definisi Vaksin, Imunisasi, Vaksinasi

Masyarakat sering terkecoh mengenai pengertian vaskin, vaksinasi dan imunisasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memperjelas sesuatu yang sudah salah kaprah.

Vaksin adalah sediaan biologis yang meningkatkan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Vaksin biasanya mengandung agen yang menyerupai mikroorganisme penyebab penyakit, dibuat dari mikroba yang dilemahkan atau mikroba mati atau toksin atau salah satu protein permukaan bakteri/ virus. Vaksin merangsang sistem kekebalan tubuh untuk mengenali bahan tersebut sebagai benda asing, kemudian vaksin tersebut dihancurkan oleh tubuh dan tubuh kemudian akan memiliki ingatan itu, sehingga sistem kekebalan tubuh lebih mudah dapat mengenali dan menghancurkan mikroorganisme sejenis ini jika suatu saat masuk ke tubuh.

Imunisasi adalah proses dimana seseorang dibuat resisten atau kebal terhadap penyakit menular, biasanya dengan pemberian vaksin. Vaksin merangsang sistem kekebalan tubuh sendiri untuk melindungi orang terhadap masuknya infeksi atau penyakit.

Vaksin dan imunisasi tidak berbahaya, yang berbahaya adalah pengawetnya yang mengandung logam berat.

pengertian imunisasi

Induced immunity = IMUNISASI

Active immunity = Imunisasi aktif

Passive immunity = Imunisasi pasif

Artificial active immunity = VAKSINASI

Imunisasi biasanyadigunakan untuk anak-anak dan orang dewasa yang telah lemah sistem kekebalan tubuhnya atau tidak bisa divaksinasi. Biasanya digunakan segera setelah seseorang terpapar penyakit tertentu, namun belum sempat divaksinasi. Contohnya, imunisasi pasif rabies (rabies immune globuline) biasanya digunakan setelah digit anjing/ kucing/ monyet. Kegunaan serum (imunisasi pasif) hepatitis B (gamma globulin) diberikan pada bayi setelah dilahirkan dari ibu yang hepatitis B atau diberikan pada seseorang yang baru saja terkena jarum dari pasien hepatitis B.

Namun imunisasi dan vaksinasi dalam kehidupan masyarakat masih terdapat pro dan kontra dalam implementasinya, oleh karenanya terdapat penolakan dari masyarakat untuk menerima imunisasi / vaksinasi.

Nama lain dari imunisasi aktif adalah VAKSINASI.

Vaksinasi : adalah penyuntikan mikroba mati atau lemah untuk merangsang sistem kekebalan tubuh terhadap mikroba tersebut, sehingga tubuh menghasilkan antibodi untuk mencegah penyakit. Vaksinasi bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh, melawan penyakit dengan sistem alami tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat mampu mengenali menyerang bakteri dan virus dan menghasilkan zat (antibodi) untuk menghancurkan atau menonaktifkannya. Vaksinasi mempersiapkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal penyakit. Untuk mengimunisasi terhadap penyakit virus, virus yang digunakan dalam vaksin telah melemah atau dibunuh. Untuk membuat tubuh kebal terhadap bakteri, hanya digunakan bagian/ potongan kecil bakteri mati untuk merangsang pembentukan antibodi terhadap seluruh bakteri. Vaksinasi kadang membutuhkan beberapa kali suntikan untuk tujuan memperkuat efektifiasnya, hal ini dikenal dengan nama “booster.”

 

Related posts:

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInAmazon Wish ListBlogger PostLineShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *