Mudik Asyik 2016

Mudik merupakan budaya di Indonesia khususnya, yang sudah tidak bisa ditawar lagi. Walau semua sudah tahu, bagaimana situasi jalan disaat menjelang Hari Raya Idul fitri begitu sangat macet sehingga butuh waktu berjam-jam bahkan belasan jam harus rela dihabiskan diperjalanan untuk sampai ke tempat tujuan dan bertemu dengan sanak family dikampung tercinta yang tidak mungkin tergantikan dengan momen yang lainnya. Berikut ada beberapa tips dari kami untuk semua yang akan menjalankan ritual mudik, diantaranya :
1. Mobil Pribadi/ Rental.
Sampai saat ini mobil adalah kendaraan yang bisa dimiliki secara pribadi secara luas dan teraman untuk bepergian jarak jauh. Tips mudik bawa mobil yang sebaiknya anda perhatikan adalah sebagai berikut : servis kendaraan mobil anda sebelum berangkat, cek kondisi busi ganti setiap 20.000 km, pakai bahan bakar yang bagus seperti pertamax, periksa dan cek oli rem, jangan lupa memakai safety belt atau sabuk keselamatan, kontrol batas kecepatan maksimum pada saat anda berkendara, pakai dua tangan saat anda menyetir, kurangi bobot kendaraan dengan cara jangan membawa beban barang secara berlebihan, jangan konsumsi alkohol atau obat terlarang pada saat anda berkendara, matikan sementara ponsel atau alat komunikasi lainnya terutama bagi driver atau supir. Pastikan kondisi badan benar-benar fit. Siapkan obat-obatan di kotak obat yang mudah dilihat. Bila terasa ngantuk paksakan untuk menepi dan istirahatlah sejenak sampai terasa fresh kembali.
2. Dengan Sepeda Motor
Yang kedua akan kami bahas adalah tips mudik dengan motor. Motor merupakan moda transportasi yang paling mudah kita jumpai. Kendaraan sepeda motor untuk mudik sebaiknya harus melewati beberapa pengujian sebelum anda berangkat mudik ke kampung halaman anda agar selamat dan sehat sampai tujuan. Beberapa hal yang wajib anda ketahui saat anda hendak melakukan mudik lebaran dengan kendaraan adalah perhatikan beberapa hal seperti cek rantai motor anda, cek mesin, cek oli anda secara berkala, cek kondisi sistem lampu, periksa kondisi tubuh anda jangan samapai anda tidak fit ketika melakukan perjalanan mudik. Selain itu cek juga perlengkapan kendaraan motor anda seperti helm full face, pengaman lutut, sarung tangan, masker, body protektor, jaket, obat-obatan dan juga jaket atau jas hujan untuk berjaga-jaga ketika tiba-tiba hujan diperjalanan. Saran saya jangan membawa barang berlebihan pada kendaraan motor anda, jika terpaksa harus membawa barang yang banyak sebaiknya anda paketkan saja barang tersebut. Banyaklah bersabar dijalan karena situasi saat itu macetnya akan menjadi luar biasa, dengarkanlah musik sesekali untuk mengusir rasa bosan dengan tetap menjaga fokus. Istirahatlah sebentar untuk melepas lelah dan ngantuk.
3. Kereta Api
Kereta api adalah kendaraan alternatif lainnya yang mungkin lebih mengasyikkan pada sebagian orang yang benar-benar ingin menikmati perjalanan, apalagi keluarga yang sedang memperkenalkan macam-macam kendaraan pada anak-anaknya yang masih kecil yanng pasti ini sangat jarang mungkin belum pernah dan akan lebih mengesankan. . Karena akan melewati banyak suasana alam yang indah tanpa harus dengan mengemudi sendiri. Tapi walau begitu ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan seperti ; Pesanlah tiket jauh-jauh hari sebelumnya, Siapkan bawaan atau koper yang mudah anda kenali kalo perlu tandailah koper anda dengan tanda khusus karena ada kemungkinan koper yang anda bawa akan ada kemiripan warna dan modelnya, datanglah setengah jam sebelum jadwal pemberangkatan, ingatlah no kursi dan no keretanya jangan sampai anda duduk di kursi yang sudah dipesan orang lain. Hapalkanlan minimal 3 nama setasiun sebelum setasiun tujuan anda sampai.

4. Ibu yang sedang Hamil
Yang Keempat , Tips Bagaimana cara mudik yang aman bagi ibu hamil, berikut ini tips mudik ibu hamil yang bisa anda terapkan yaitu :
Selalu menjaga kondisi kesehatan ibu hamil seperti jangan terlalu lelah, jika tiba-tiba ada kontraksi pada saat perjalanan mudik segeralah beristirahat dan hubungi dokter atau bidan anda yang biasa anda hubungi. Konsumsi obat penguat kandungan yang tentunya harus dengan resep dokter. Jika anda sedang mengandung dengan usia kandungan 7 bulan masih boleh untuk melakukan perjalanan mudik lebaran. Kondisi hamil 7 bulan masih bisa mudik karena pada saat itu janin masih sangat aktif, juga air ketuban masih cukup untuk melakukan perlindungan dengan optimal sehingga bisa mereduksi guncangan pada saat anda berkendara. Minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi, siapkan makanan, apalagi jika anda mudik melewati jalur pantura jawa yang kondisinya cukup terik dan panas. Dan pilihlah kendaraan yang minim resikonya.
Demikianlah tips mudik dari kami, Siapkan uang cash dengan pecahan yang variatif,  list lagu kesukaan untuk mengusir kebosanan, Manfaatkan pos mudik yang disediakan polisi dan masyarakat secara bijak, berdo’alah selalu semoga selamat sampai tujuan dan semoga mudik perjalanan mudik anda mengasyikkan.

(a id)

Related posts:

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInAmazon Wish ListBlogger PostLineShare

One thought on “Mudik Asyik 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *