Kaki Sering Kram di Malam Hari? Coba Lakukan 4 Hal Ini

Muhamad Reza Sulaiman – detikHealth
Senin, 13/06/2016 17:41 WIB
Jakarta Kram kaki di malam hari sangat mengganggu. Selain tidak nyaman, tidur pun terganggu karena terbangun saat tengah malam.

Dr Richard E. Allen dari Utah Healthcare Institute mengatakan kram kaki di malam hari bisa berarti banyak hal. Mungkin saja kram kaki menunjukkan adanya masalah di liver, nyeri sendi ataupun penyumbatan pada pembuluh darah.

“Di sisi lain kadang kram kaki muncul spontan dan tidak berarti apa-apa. Bisa juga diasosiasikan dengan sindrom kaki gelisah atau efek samping penggunaan obat seperti estrogen dan naproxen,” tutur Dr Allen, dikutip dari NY Times.

Untuk lebih jelasnya, Dr Allen mengatakan sebaiknya Anda segera pergi ke dokter jika kram kaki di malam hari sudah sangat mengganggu. Namun untuk pertolongan sementara, ada 4 hal yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

1. Makan sayur dan buah
Kram di malam hari sebagian besar disebabkan oleh kekurangan mineral seperti kalsium dan magnesium. Mineral ini banyak ditemukan di sayuran hijau dan buah-buahan.Untuk itu, perbanyak makan makanan yang mengandung magnesium dan kalsium, antara lain susu kedelai, tahu, almond, kacang polong, sayuran seperti bayam, lobak, kol dan brokoli.

2. Aktivitas fisik
Kram di malam hari juga bisa terjadi akibat aliran darah yang tidak lancar. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan sedikit aktivitas fisik sebelum tidur.

Dr Allen mengatakan gerakan yang bisa dicoba adalah gerakan menggowes sepeda. Tak perlu lama-lama, melakukan gerakan ini selama 5 menit sebelum tidur dapat mengurangi risiko munculnya kram di malam hari.

3. Obat pereda nyeri
Pada beberapa orang, kram malam yang menyerang bisa terasa sangat sakit dan membangunkan dari tidur secara tiba-tiba. Untuk meredakannya, Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri seperti acetaminophen yang umum digunakan untuk mengatasi nyeri sendi.

Namun perlu diingat, obat pereda nyeri tidak menyembuhkan kondisi kram malam Anda. Cara terbaik untuk menghilangkannya secara permanen adalah pergi ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

4. Minum suplemen magnesium
Salah satu penyebab kram di malam hari adalah kurangnya asupan magnesium. Untuk memenuhinya, Anda bisa mengonsumsi suplemen magnesium yang dijual bebas di apotek.

Peneliti dari Chaim Sheba Medical Center, Isreal, menuturkan suplemen magnesium oksida bisa membantu meringankan rasa kram pada betis dan otot kecil di kaki, terutama saat malam hari.

http://health.detik.com/read/2016/06/13/174119/3232246/763/5/kaki-sering-kram-di-malam-hari-coba-lakukan-4-hal-ini

Related posts:

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInAmazon Wish ListBlogger PostLineShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *