Mengkritisi komentar Sekum MUI Jabar

Berdasarkan berita dari Pikiran Rakyat (http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/06/07/dinyatakan-sesat-hikmatul-iman-masih-jalankan-kegiatan-371087) terdapat kelemahan dalam pernyataan Sekum tersebut, bahwa paham-paham yang dibawa “Hikmatul Iman” terindikasi sesat , karena beliau juga belum pernah melakukan konfirmasi apapun terkait fitnah yang dilakukan orang-orang yang tidak bertanggungjawab kepada Pendiri Hikmatul Iman. Hal ini juga pernah dilakukan oleh MUI Cianjur, dan Ketua MUI Cianjur menyatakan dalam rekamannya bahwa surat yang menyatakan Hikmatul Iman menyimpang dibuat agar mereka “jempling”. Tidak relevan mempermasalahkan novel yang merupakan dongeng ke dalam ranah hukum. Dan Tim hukum sangat menghargai klarifikasi tersebut dan terus mendukung langkah MUI Cianjur dalam memberikan solusi kepada umat.

Bidang hukum Yayasan sudah pernah bertabayyun dengan Ketua MUI Cianjur, bahwa menyatakan sebuah organisasi menyimpang harus ada konfirmasi terlebih dahulu kepada organisasi atau pendirinya. Tidak hanya dengan menerima curhat / laporan orang lain yang belum tentu benar lantas mengambil keputusan bahwa organisasi tersebut menyimpang.

Di samping itu pemberitaan mengenai Hikmatul Iman masih melakukan aktifitasnya tidak benar karena Yayasan Hikmatul Iman sudah menyatakan membubarkan diri. Jadi tidak tepat pernyataan tersebut diarahkan ke Hikmatul Iman.

Melalui forum  ini, bidang hukum Yayasan, mengkritisi bahwa Sekum MUI Jabar juga harus melakukan konfirmasi / tabayyun terlebih dahulu sesuai kehendak hukum Islam, dan menyayangkan pernyataan Sekretaris Umum MUI Jabar yang terlalu tergesa-gesa menyatakan Hikmatul Iman terindikasi sesat. Apabila tidak melakukan konfirmasi, justru keadaan tersebut sudah terindikasi melakukan kejahatan fitnah dan dapat memicu konflik. Oleh karenanya akan lebih tepat jika tabayyun dilakukan terlebih dahulu agar MUI sebagai organisasi yang dipercaya umat mampu mewujudkan kedamaian pada umat beragama. Di samping itu, banyak ahli yang menjelaskan bahwa upaya pencegahan konflik hanya dapat dilakukan dengan proses dialog (bukan debat). Pada kesempatan ini, Bidang hukum Yayasan meyakini bahwa Sekum MUI Jabar akan mendorong Tabayyun sebagai ciri khas umat beragama.

 

Link serupa https://www.change.org/p/mui-jawa-barat-dukung-hikmatul-iman-menghadapi-upaya-adu-domba?recruiter=553006085&utm_source=share_for_starters&utm_medium=copyLink

Link counter http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/06/07/hikmatul-iman-kami-sedang-diadu-domba-371119

Related posts:

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInAmazon Wish ListBlogger PostLineShare

62 thoughts on “Mengkritisi komentar Sekum MUI Jabar

  1. Seharusnya MUI Jabar mengkonfirmasi atau tabayun dulu ke Hikmatul Iman sebelum mengambil keputusan, seharusnya MUI Jabar meneliti dulu berita berita yang datang dari orang-orang fasik yang belum tentu kebenarannya, jangan langsung main telan saja terus mengambil keputusan dengan memvonis dan mengeluarkan fatwa. Kalau MUI Jabar tidak mengklarifikasi dari berita yang belum tentu benar sama saja MUI Jabar memfitnah dan itu melawan hukum. Apakah anda sudah bertemu dan mengklarifikasi langsung dengan Kang Dicky Zainal Arifin ?
    MUI Jabar jangan gampang diadu domba !

  2. Setuju,
    Islam mengajak sebuah perdamaian, jadilah murni islami, jgn jadikan fitnah tanpa tabayyun,
    Konfirmasi (tabayyun) adalah solusinya…

  3. Setuju, MUI seharusnya melakukan tabayun atau konfirmasi terlebih dahulu..salam damai

  4. Sebagai organisasi keagamaan semestinya MUI lebih mengedepankan fungsi pengayoman bagi umat Islam khususnya dan bagi antar umat beragama umumnya. Terutama terhadap upaya pihak-pihak yang ingin memecah-belah dan mengadu-donba di kalangan umat Islam ataupun antar umat beragama,, MUI mesti mampu berperan sebagai peredam dan juga stabilisator agar terwujud kerukunan hidup beragama, baik di kalangan umat Islam sendiri maupun antar umat beragama yang lain, sesuai Pancasila dan UUD 1945, sebagai aturan dasar berbangsa dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.

  5. Sebagai ulama seharusnya faham betul hukum menyatakan sesat terhadap orang lain… jangan merasa diri itu paling benar dan paling pintar sehingga dengan gampangnya menyatakan sesat tanpa pernah bertabayun. Apakah anda siap mempertanggung jawabkan dunia akherat???

  6. Setuju, MUI harus mengedepankan Tabayyun,jgn asal main vonis sesat

  7. MUI sebagai suatu lembaga yg berlandaskan nilai2 ajaran islam, sudah seharusnya memakai ajaran islam dlm menilai suatu masalah secara utuh dan benar. Jangan sampai kredibilitas MUI turun dimata masyarakat krn pernyataannya yg terburu2 tanpa berlandaskan tabayun

  8. ketika ada yg melapor dari siapapun dan apapun,hendaknya MUI jgn lgsg terbawa arus dari pelapor..tapi tampung dulu kemudian konfirmasikan kepada pihak yg dituduhkan..

  9. Sebagai organisasi ke-agama-an diharapkan MUI dapat melakukan tugasnya dengan baik salah satunya ialah bertabayun. Nuhun

  10. Ajaran yg dibawakan kanjeng rosululloh sudah sangat mulia, mulia dengan akhlak. Klo kita ngaku sebagai umatnya ayo kita contoh akhlak beliau. Tabayun itu penting. Saya harap MUI dan kaum muslim lainnya bisa mengedepankan tabayun agar tidak terjadi fitnah dan perpecahan antar umat. Tolong MUI lebih kritisi lagi jangan hanya dari 1 pihak. Terimakasih

  11. tindakan bijak adalah selalu menelusuri awal berita dan MUI seharusnya melakukan langkah tabayun sebelum angkat bicara. MUI ibarat corong maka hati” dalam mengeluarkan sikap/pendapat termasuk itu pribadi.

  12. loh ko MUI dengan mudahnya terhasut sama pelapor dan langsung memberikan fatwa tanpa adanya konfirmasi dahulu..

    apa sudah ketemu sm orang yg di tuduhkannya..?

  13. Seharusnya MUI sebagai organisasi besar di Indonesia.. bisa lebih terbuka untuk melakukan konfirmasi dan tidak langsung menjudge..

  14. MUI bukan Tuhan yg bisa menentukan siapa yg sesat atau tidak. MUI seharusnya tabayyun sebelum melakukan putusanya.

  15. MUI adalah lembaga resmi yang harus bertimdak adil melindungi umat jangan sampai hanya karena pengaduan segelintir orang MUI tidak kroscek tabbayun dan klarifikasi andaikan Mui Bersikap sprt itu bagaimana jadinya umat

  16. “Itulah sejauh-jauh pengetahuan mereka. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang paling mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia pulalah yang paling mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.” (QS AN-NAJM AYAT 30)
    tuhan kali bah mereka, ,bisa mengthui kesesatan

  17. Menyikapi hal tersebut akan lebih bijaksananya jika MUI menelurusi terlebih dahulu benar atau tidak. Lalu kaji lebih dalam seblum menyuarakan sesuatu kehadapan publik, apalagi hal ini termasuk hal yang sensitif dimasyarakat. Jika kurang tepat maka gejolak lah yang terjadi dimasyarakat.

    saya setuju jika MUI mengadakan TABAYYUN terhadap isue yang saya anggap meresahkan ini atas pendapat sepihak yang sudah tersebar.
    mudah-mudahan dengan Tabayyun mendatangkan hikmah yang lebih besar untuk saat ini dan kedepannya.
    Aamiin

    nuhun

  18. Kok bisa MUI Cianjur dan Jawa Barat ceribih tdk tabayun terlebih dahulu. Padahal di Jabar ada ka g Miftah sesepuh senior yg dangat mumpuni dr segi keilmuan.
    Mohon MUI Jabar dan Cianjur jng terpancing hasutan dan adu domba antar Islam fan antar umat beragama.
    #SaveMUIJabar
    #SaveMUICianjur
    KITA DUKUNG MUI MENEGAKKAN NAHI MUNKAR. TP JNG TERKENA VIRUS ADU DIMBA DAN FITMAH SERTA SAKUNG HASUT. COBA TABAYUN DAN CROSS CHECK INFO SEBELUMNYA SEBELUM MENGELUARKAN PUTUSAN.
    JANGAN SAMPAI BERITA SEPIHAK APALAGI DARI MURID2NYA YG MENYEBAR FITNAH2.

    Mohon tdk kena Provokasi dan Agitasi adu domba dlm situasi banyaknya paham Radikalisme yg sengaja ingin mengadu domba antar umat beragama.
    Semoga hasutan2 yg mengadu domba bisa kita kikis.
    NKRI dan PANCASILA HARGA MATI. #HIsdgDiaduDomba
    #HIsdgDiaduDomba
    #HIsdgDiaduDomba
    #HISdgDiaduDomba
    #HISdgDiaduDomba

  19. Sangat setuju…
    Tabayun it’s no 1 agar tidak terjadi fitnah..

  20. Sebagai Lembaga yang mewadahi ulama, zu’ama, dan cendikiawan Islam di Indonesia untuk membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin di seluruh Indonesia , sudah selayak nya dan sepatut nya MUI tidak begitu saja mengeluarkan pernyataan atas suatu hal tanpa di landasi oleh klarifikasi dan Tabayun terhadap pihak Hikmatul iman. Jangan sampai pernyataan yang di keluarkan malah menjadi fitnah karna dikeluarkan secara tergesa-gesa , yang malah akan merusak reputasi MUI sendiri di mata masyarakat.

    MUI sebagai lembaga yang juga berusaha untuk mewujudkan
    ukhwah Islamiyah dan kerukunan antar-umat beragama dalam memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa, alangkah baik nya dapat berfikir kritis atas hal pelaporan tersebut , jangan karna tanpa pertimbangan dan hanya mendengar pernyataan dari pelapor tanpa Tabayun ke pihak yang dituduhkan , malah akan memicu adu domba antar umat. sehingga terjadi permusuhan dan perpecahan dalam tubuh umat , yang tidak dikehendaki oleh kita semua sebagai masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi NKRI, Pancasila,dan UUD 1945.

    sudah saatnya MUI melakukan tugasnya sebagai Pembimbing dan Pelayan umat, tanpa merugikan suatu pihak .

  21. Selamatkan MUI dari hasutan kaum radikal dan anti toleransi. Pancasila dan NKRI jaga tetap utuh

  22. Ketika umat lain sedang menggalang persatuan,umat islam dengan mudahnya diadu domba.ada segelintir orang yang bisa menilai orang sedikit2 sesat,sedikit2 kafir.enak bener yah bisa seenaknya seperti itu
    dan mudah2an ke depannya lembaga sekelas mui bisa lebih bijak dan jangan mudah terprovokasi,lebih peduli, dan punya solusi.agar umat ini bersatu dalam kedamaian

  23. Ketika umat lain sedang menggalang persatuan,umat islam dengan mudahnya diadu domba.ada segelintir orang yang dengan mudahnya menilai orang lain sedikit2 sesat,sedikit2 kafir.enak bener yah bisa seenaknya seperti itu
    dan mudah2an ke depannya lembaga sekelas mui bisa lebih bijak dan jangan mudah terprovokasi,lebih peduli, dan punya solusi.agar umat ini bersatu dalam kedamaian

  24. MUI jangan takut pada pihak yang memanfaatkan MUI untuk dibenturkan dengan Hikmatul Iman. Saya lihat ada keterpaksaan pada wakil MUI Jabar, takut mereka berbuat makar atau macam 2 pada MUI Jabar.

    Mereka tidak mau bergerak sendiri, tapi menyuruh MUI Jabar bergerak dan menjadi corong yang lebih besar agar terjadi perpecahan yang lebih besar. Kalau itu terjadi kemudian chaos, mereka akan cuci tangan. Pasti akan lebih banyak yang menghujat MUI, mereka yg menghasut akan ketawa 2.

  25. setuju untuk waspada upaya adu domba mengarah perpecahan NKRI, sudah seharusnya yg senantiasa menebar manfaat serta kemaslahatan umat untuk terus maju berkembang…jangan dibiarkan difitnah begitu saja…karya nyata mereka (hikmatul Iman) utk kemaslahatan umat, maka sudah banyak masyarakat merasakan manfaatnya.

  26. Kalau mau maju semua unsur masyarakat harus bersatu, saatnya MUI mereformasi dirinya untuk kemajuan umat.

  27. Sesuai dg nama nya Majelis Ulama Indonesia dan mengusung nama Ulama, berarti bukan sebuah institusi sembarangan. Setiap tindakan dan ucapan juga seharusnya juga mencerminkan nama yg tidak sembarangan, ulama, kumpulan orang yang ahli dan pandai. Tindakan dan ucapan harus penuh dengan keilmuan yg berdasarkan juga konfirmasi, tabayyun, bukan asumsi kosong yg sifatnya common sense. MUI, ulama, maka gunakanlah akal kalian dengan maksimal untuk menggali kebenaran !!!!!

  28. Diluar dari lembaga MUI yg masih kontrofersi…kalau memang mereka netral…hrsnya jgn dulu buat statement yg bs dimanfaatkan oleh para haters…tp konfirmasi dl ke pihak yg di adukannya…baru buat statement…hati2 sdh ada peraturan menteri mengenai mengkafirkan org lain…jgn sampai MUI jabar kena tegur gara2 dgn mudah memberi statement menyimpang kpd pihak2 tertentu

  29. Islam itu Damai…Islam itu indah….Bersatulah jangan berpecah belah…islam rahmatan lil alamiin.

  30. Wah MUI gimana nih. katanya majelis ulama atau majelis orang yang berilmu kok gampang di hasut ya?…

    tabayun dulu ath MUI..

    sok biar damai

  31. Merupakan kewajiban MUI unk mengkonfirmasi setiap informasi yang diterima jk tidak umat akan terpecah belah lemah dan mudah diadu domba.saya dukung MUI untuk lebih bijak..
    #HIDiaduDomba
    #HIDiaduDomba
    #SaveMUIJabar
    #SaveMUICianjur
    #HIDiaduDomba
    #HIDiaduDomba
    ##HIDiaduDomba
    #HIBarokahRamadhan
    #HIBarokahRamadhan
    #HIBarokahRamadhan
    ##HIDiaduDomba

  32. Komunikasi terhadap pihak terkait itu penting ayo MUI mari kita sama sama kokohkan muslim supaya tidak mudah diadu domba

    #HIDiaduDomba
    #HIDiaduDomba##HIBarokahRamadhan
    #SaveMUIJabar
    #SaveMUICianjur
    #HIDiaduDomba
    #HIDiaduDomba
    ##HIDiaduDomba
    #HIBarokahRamadhan
    #HIBarokahRamadhan
    #HIBarokahRamadhan
    ##HIDiaduDomba

  33. Setuju.
    MUI harus tabayun…jangan mudah terhasut…
    Damai itu indah…

  34. sangat disesalkan MUI Jawa Barat gegabah memberikan pernyataan sesat hanya berdasarkan pelaporan satu pihak tanpa konfirmasi atau tabayun kepada pihak terlapor, dahulu pun MUI Cianjur “membiarkan” pihak luar mendikte produk surat rekomendasi, dan tanpa tabayun terlebih dahulu kepada terlapor kemudian langsung menerbitkan surat rekomendasi, dengan kejadian yang sudah dua kali ini terjadi saya jadi terbayang tentang budaya kerja di MUI seperti apa dan dimana letak kewibawaan MUI sebagaimana sebuah lembaga ketolika ada pihak lain dapat memaksakan pendapat kepada MUI dan MUI “setuju”?

    #MariBekerjaDenganBenar
    #MariBekerjaDenganAkal
    #HargaiPerbedaanPendapat
    #MUIBukanTuhan

  35. setuju,, MUI harus tabayun. akan sangat lebih baik jika semua elemen bangsa tidak mudah terhasut, kita semua cinta damai karena DAMAI itu indah..

  36. Setuju…
    Didalam Al Qur’an surat Al Hujurat ayat 6 dan 12 dijelaskan tentang tabayyun apabila mendengar suatu berita agar tidak ada salahprasangka dan menjadi fitnah…

  37. Mengatakan orang itu sesat sungguh bukan hak kita, hanya allah swt. Apakah kita ini sudah hidup benar sesuai dengan ajaran allah swt ? Jadi tolong untuk MUI bertabayunlah jangan hanya mendengar dari satu pihak. NKRI harga mati!

  38. Mui seharusnya lembaga independen yg memegang teguh amanah umat…jangan mudah termakan amarah…jangan mudah terbujuk rayuan adu domba… MUI harus menjadi lembaga cerdas…ketika mendapat berita seharusnya bertabayyun..karena itu menunjukkan islam yg sesungguhnya..bukan main vonis

  39. ibadah urusan pribadi dengan Tuhan

    pendapat juga pasti berbeda tiap orang, karena pemahaman tiap orang beda
    tingkat intelektual orang berbeda

    sangat lucu jika tingkat pemahaman setiap orang distandarisasi…

    jadi robot dunk?

    padahal Rabb mengajak manusia berpikir n memikirkan ciptaannya…

  40. Tabayun adalah sebuah proses pengadilan di dunia sosial, pengambilan persepsi dari orang2 yang berbeda, dan mungkin menjadi isu sosial yang cenderung tidak bagus. endingnya: semua orang merasa diakomodir secara equal, sebelum keputusan bersama diambil.

    Dalam manajemen modern Covey menyebutnya dalam 7 Habits ‘First Understand, than to be understood’.

    Mereka yang tidak melakukannya dikategorikan Covey sebagai reaktif.

    Apakah bijak, jika organisasi Islam bertindak reaktif?

    Para pakar di MUI, Ulama, lebih paham itu, bahkan gurunya Covey adalah ulama dan kitab suci.

  41. Miris..MUI ceroboh dalam menyimpulkan sesuatu tanpa konfirmasi pada terlapor..alias tidak tabayun dulu… apakah ini ajaran Islam… wajar di kalangan umat Islam timbul perpecahan lah wong MUI nya sendiri yg diharapkan jadi pemersatu malah jadi SUMBER PERPECAHAN….melamun aja..seandainya MUI diaudit KPK heuheu…..

  42. Setuju, bertabayunlah, reformasi MUI waspada terhadap ancaman Adu Domba

  43. Bapak / ibu dewan MUI terhormat, bukan kah Menjadi agen rahmatan lil ‘alamin adalah ciri umat islam? Mari bersama sekuat tenaga menjaga kasih sayang, perdamaian sesama manusia, apalagi sesama muslim,, sy setuju untuk tabayun, dan klarifikasi sejelas jelasnya,, agar kita penyandang status muslim, tidak terpecah, tidak saling benci dan saling memusuhi.. Salam damai pak/ibu

  44. Waaah MUI
    How come? Judging without observing and confirming..
    Keur mah Umat teh gampang percayaan, please ath jng biarkan kami saling membenci dng ungkapan2 sesat tnp tabayyun..

  45. Waaah MUI..
    How come?
    Judging without observing and confirming
    Please ath jng bikin Umat resah dan saling membenci dng ungkapan2 sesat tnp tabayyun..

  46. Setuju.
    Wah MUI teh kumaha atuh dengan mudahnya terhasut, bahaya mun MUI jiga kieu mah bisa di manfaatkan ku orang” yang tidak bertanggung jawab. Kuduna MUI teh tabayun tabayun tabayun atuh naon hesena. Kan ISLAM mengajarkan kita untuk tabayun ngarah teu aya salisih paham jeung fitnah…
    Dalam damai

  47. Setuju seharusnya Mui ngedepankan proses tabyyuun bukan asal vonis aja….
    #HIdiadudomba
    #HIbarokahramadhan
    #saveMuiJabar

  48. “Klarifikasi tdk sama dgn provokasi “MUI idealnya lembaga independen yg netral dan mampu mengayomi umat sekaligus penengah dari berbagai pihak dalam upaya menenangkan suasana.bukan malah bikin kisruh situasi…..
    Karena Perbedaan adalah fitrah sebagai makhluk…

  49. Ulama …artinya orang yang berilmu …dan orang yang berilmu berbeda dengam orang yang kekurangan ilmu…,
    sayah sebagai ummat bingung juga

  50. Islam itu membawa kedamaian untuk semesta, bukan provokasi
    Islam itu mengedepankan tabayun, bukan main judge tanpa konfirmasi dan verifikasi,
    Islam itu harus bersatu, jangan mudah terprovokasi
    Salam damai dan umat bersatu,
    Sy harap MUI bisa bersikap cerdas dan mengedepankan tabayun

  51. Sebagai umat Islam kita diajarkan untuk TABAYUN, mari bertabayun, kecuali bukan ISLAM itumah beda lagi hehehehe

  52. Hrsny MUI jgn mendengarkan sebelah Pihak pelapor aja, ada brp org sih yg menyatakan HI sesat ? Klo hny segelintir org aja yg menyatakan HI sesat, ga perlu didengarkan, mungkin itu hny org2 yg iri dgn keberadaan HI. Dan lbh baikny MUI konfirmasi dahulu sblm menyatakan sesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *