Cara Menumbuhkan Rambut Botak

Cara Menumbuhkan Rambut Botak. Kebotakan(alopesia) adalah hilangnya sebagian atau seluruh rambut. Seiring bertambahnya usia maka akan terjadi penurunan kepadatan rambut. Alopesia sering terjadi di kulit kepala. Biasanya alopesia terjadi secara bertahap bisa seluruh kulit kepala kehilangan rambutnya tau hanya sebagian saja. Pada usia 30 tahun, sekitar 25% pria mulai mengalami kebotakan. Setiap orang rata-rata memiliki sekitar 100.000 helai rambut dan setiap harinya 100 helai rambut akan rontok. Setiap helai rambut berumur 4,5 tahun, dengan pertumbuhan sekitar 1 cm/bulan. Biasanya pada tahun ke 5 rambut akan rontok dan dalam waktu 6 bulan akan diganti oleh rambut yang baru. Kebotakan yang diturunkan terjadi akibat kegagalan tubuh untuk membentuk rambut yang baru, bukan karena kehilangan rambut yang berlebihan.

Penyebab Kerontokan Rambut

Penyakit
Beberapa penyakit seperti lupus, sifilis,gagal ginjal atau efek kemoterapi pada penderita kanker dapat menyebabkan kerontokan dan lama-lama bisa terjadi kebotakan.
Hormon
Ketidakseimbangan hormon juga dapat menjadi penyebab kerontokan yang lama kelamaan menjadi kebotakan. Contoh dari hal ini adalah siklus menstruasi wanita. Perubahan hormon terjadi pada masa ovulasi yang dapat menyebabkan beberapa rambut tipis, sehingga tiroid dan gangguan hipofisis
Stress
Ketika anda stress makan rambut akan lebih cepat rontok dibandingkan saat-saat biasa.
Gaya Rambut
Sering mengubah-ubah gaya rambut juga dapat menyebabkan kerontokan karena beberapa gaya rambut menyebabkan rambut tertarik hingga akarnya. Sehingga membuat rambut lebih rapuh dan mudah patah.
Bahan Kimia
Bahan kimia yang biasanya terdapat pada bahan-bahan yang digunakan untuk pelurusan dan pewarnaan rambut juga dapat menyebabkan kerontokan bila digunakan secara berlebihan.
Kekurangan Zinc
Kekurangan asupan Zinc dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.
Kerontokan adalah awal dari kebotakan. Bila masalah rambur rontok dibiarkan maka lama-lama akan menyebabkan kebotakan. Dan bila kebotakan sudah terjadi, dibutuhkan solusi untuk menangani masalah kebotakan. Banyak orang yang tidak percaya diri karena kebotakan. Tapi tentunya selalu ada solusi dari setiap permasalahan.

Cara Menumbuhkan Rambut

Kemiri
Kemiri memiliki manfaat untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Bakar biji kemiri hingga hangus kemudian digiling. Kemudian oleskan ke bagian rambut yang botak. lakukan pada malam hari tapi jangan lupa untuk membungkus kepala agar bantal tidak ikut hitam. Keramaslah esok harinya dengan shampo
Kuning Telur
Oleskan kuning telur di kulit kepala, pijatlah kulit kepala selama 15 menit. Setelah itu cuci rambut hingga bersih dengan shampo. Lakukan treatment ini beberapa kali dalam seminggu
Minyak Zaitun
Teteskan empat hingga lima tetes minyak zaitun pada rambut setelah keramas, lalu pijat dengan lembut kulit kepala anda. Baiknya dilakukan malam hari agar minyak zaitun terserap sempurna. Pada pagi harinya cucilah rambut dengan shampo sampai bersih. Minyak zaitun dapat meningkatkan proses pertumbuhan rambut.
Lidah Buaya
Gosokkan lidah buaya pada kulit kepala, diamkan selama satu jam. Lalu cuci bersih rambut anda dengan shampo. Lidah buaya mengandung vitamin, mineral, dan protein yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut.
Kulit Apel
Apel mengandung polifenol yang dapat mengatasi masalah kerontokan. Haluskan kulit apel, lalu bubuhkan pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.
Obat Penumbuh Rambut
Bila anda enggan mencoba cara yang alami, anda dapat mencoba memakai obat penumbuh rambut yang banyak dijual di pasaran,
Sumber: detiksehat.com

Related posts:

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLinkedInAmazon Wish ListBlogger PostLineShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *